Sebagai calon guru, kita harus mengetahui cara, tentang
bagaimana melakukan sebuah peninjauan terhadap tingkat pemahaman dan perkembangan
siswa kita. Hal tersebut, sangat berkaitan erat dengan kemampuan seorang guru
dalam memberikan sebuah pertanyaan yang memancing dan memicu jalannya pemikiran
dari para siswanya. Pentingnya seorang guru memberikan sebuah pertanyaan
pancingan, karena hal tersebut sangat membantu kelancaran jalannya keaktifan
interaksi antara guru dan para siswa. Interaksi aktif yang dibangun antara guru
dan siswa, sehingga disela keaktifan interaksi tersebut, guru dapat menggunakan
kesempatan itu sebagai jalan untuk melakukan sebuah penilaian terhadap para
siswanya dan juga melakukan peninjauan terhadap tingkat pemahaman para siswa,
ketika berlangsungnya kegiatan interaksi pembelajaran didalam kelas.
Tentunya, kegiatan pembelajaran yang berlangsung didalam
kelas itu, sangatlah banyak disibukkan dengan berbagai aktivitas. Mulai dari
pemberian materi, diskusi, pemberian latihan soal, dan masih banyak lainnya.
Kegiatan pembelajaran yang berlangsung cukup banyak tersebut, yangmana tidak
dapat dipungkiri bahwa akan adanya proses “trial” dan “errors” yang dilakukan
oleh para siswa, ketika kegiatan pembelajaran berlangsung.
Berdasarkan pada pernyataan diatas, yangmana akan adanya
proses “trial” dan “errors”, yang dilakukan oleh para siswa, maka disinilah
peranan seorang guru mulai beraksi, yangmana guru dapat memberikan feedback
kepada para siswanya tersebut. Memberikan feedback, bisa dilakukan dengan cara
memberi komentar, sehingga hal tersebut akan memberikan ruang bagi siswa untuk
memperbaiki kekurangannya itu. nantinya siswa berkesempatan untuk melakukan
perbaikan. Tentunya sudah pasti, bahasa penyampaian yang digunakan pun,
haruslah bahasa yang positif, yangmana tidak ada unsur yang akan membuat
self-esteem seorang siswa menjadi menurun.
Perlu kita ketahui bersama, bahwa ada tujuh
prinsip-prinsip feedback. Diantaranya yaitu, 1. membantu mengklarifikasi
seberapa bagus penampilan, 2. memfasilitasi pembentukan penilaian terhadap diri
sendiri dalam proses belajar 3. menyampaikan kualitas informasi yang bagus
kepada siswa tentang proses pembelajaran 4. Mengandung dialog dengan guru dan
teman dalam proses belajar 5. Mengandung motivasi positif dan kepercayaan diri
siswa, 6. menyediakan kesempatan untuk menutup “gap” antara penampilan yang ada
dan penampilan yang diinginkan 7. menyediakan informasi untuk guru yang dapat
digunakan untuk membentuk proses membelajarkan. Dari ketujuh prinsip-prinsip
diatas, semoga dapat membantu kita, yangmana merupakan calon guru masa depan
untuk dapat menerapkan ketujuh prinsip tersebut.
jefri, dwi dan tyas
17 komentar:
Ketujuh prinsip-prinsip yang berhubungan dengan feedback, yang sudah dipaparkan pada artikel di atas, yuk kawan-kawan, kita yang notabennya sebagai calon guru masa depan, yuk kita sama-sama merenungi dan menyelami bersama secara lebih mendalam tentang ketujuh prinsip yang membahas tentang feedback ini
Dwi Sintia
2010110020
Mathematics Department
Section B
Semoga di mata kuliah PETA ini, kita dapat mendalami lagi tentang materi feedback ini, sehingga kita yang nantinya merupakan calon guru di masa depan, kita dapat memberikan feedback kita kepada murid-murid kita secara efektif dan terasa kebermanfaatannya bagi murid-murid kita nantinya.
Dwi Sintia
2010110020
Mathematics Department
Section B
yups,,,,memang begitu kan tugas guru itu,,,harus senantiasa memberikan feedback yang tidak hanya enak untuk di dengar tapi juga meaningful bagi si student itu sendiri.
Di sisi lain, kita juga perlu belajar dari pengalaman. Jangan sampai kita sebagai guru di masa depan menjadi selalu yang paling benar. Bimbing semua siswa dan ajak mereka untuk terlibat dalam proses pemberian feedback terhadap pendapat baik yang disampaikan oleh guru mereka ataupun oleh teman diskusi dalam kelompok. Hal tersebut sangatlah penting untuk dilakukan selain untuk membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran juga cepat untuk memahami suatu materi pembelajaran dan mengoreksi pendapat mereka yang dirasa masih kurang tepat. Bagaimanapun, tanpa adanya feedback fedback dari mereka sangatlah tidak mungkin interkasi antara guru dan murid dapat terjalin. Tekankan kepada mereka bahwa bukan saatnya lagi guru menjadi satu-satunya pusat informasi dalam pembelajaran tetapi mereka juga dapat menjadi pusat informasi dalam pembelajaran.
oh iya,,menurut saya, jangan pernah menunda pemberian feedback kepada siswa. Untuk memberikan feedback, guru dapat melakukannya baik secara verbal maupun secara nonverbal. Seperti yang kita ketahui, feedback yang diberikan dapat bersifat reward atau bisa pula berupa kritikan yang bersifat membangun untuk motivasi belajar dan perbaikan proses atau pencapaian hasil belajar. Dan yang paling penting adalah hendaknya feedback yang akan diberikan lebih mengungkap kekuatan daripada kelemahan siswa.
Himmatul 'Aliyah
2010110030
siiiipppp Himmatul' Aliyah, I like it !!!
very nice artikel,.
informasi yang kalian berikan, sungguh luar biasa bermakna buat guru ataupun calon guru.seorang guru seharusnya memang dalam melakukan penilaian harus mengetahui prinsip- prinsip dalam memberikan feedback dimana yang di tulis di artikel itu ada 7 prinsip..Semoga kita mengingat dan melaksanakan ke 7 prinsip ini, ketika kita menjadi guru.
from
ratu bulkis
2010110046
dwi,.
sekedar di renungin tidak cukup tapi harus di laksanakan..
ratu bulkis
good..
ada beberapa hal yang saya ingin tanyakan dan diskusikan bersama teman-teman.
feedback yang seperti apa yang harus kita lakukan ketika ada siswa yang masih belum mencapai tujuan pembelajaran walaupun kita sudah maksimal dalam memberikan feedback?
Menambahkan saran untuk sintha, kalau menurut dwi, seorang murid juga membutuhkan motivasi dari gurunya, dan sangat menyenangkan tentunya jika mendapatkan sosok guru yang pintar, kreatif, ramah, baik, sabar, bisa menjadi teman juga bagi murid-muridnya, pokoknya guru yang the best deh. Semoga kita semua calon guru masa depan yang dinanti-nanti oleh para murid-murid kita di masa depan karena kepribadiannya yang baik, bukan yang buruknya. Semoga...
dear sinta....
menurut saya, siswa tersebut harus tetap diberikan motivasi agar ia tetap mau belajar dan tercapai tujuan pembelajarannya.
Wiyarsih
Artikel yang sangat bagus. untuk kita calon guru harus memberikan feedback kepada siswa sesuai ke7 prinsip tersebut.
menjawab pertanyaan sinta sebaik nya,kita dekati dia, kita mengajak bicara siswa tersebut face to face, menanyakan bagian mana yang belum dia pahami, dan kita beri motivasi yang extra sehingga siswa tersebut dapat mencapai tujuan pembelajaran.
Septy Cartika sari
2010110036
artikelyang sangat WAW apalagi denganadanya 7 prinsip yang awalnya saya tidak tahu.
sebagai guru kita seharusnya bisa menerapkan ketujuh prinsip tersebut.
wiyarsih
fewdback sangatla penting karena dengan adanya fedbaacak kita bisa meningkatakn proses pembelajaran.
tidak hanya guru yang melakukan fedback tetapi siswa/mahasiswa jg harus melakukan fedback agar terjadi peningkatan dari proses pembeljaran yang dilakukannya.
Hal yang terpenting adalah ketika melakukan atau mendapatkan fedback dari orang lain, kita harus menerimanya karena itu bersifat membangun.
ell
nice article :)
bahwasanya memang kita sebagai kandidat guru tidak hanya menilai hasil akhir atau assessment di akhir, tp proses belajar mengajar itu sndiri kita nilai, dengan demikian ketika kita memberikan feedback, murid sudah akan bisa memperbaiki hasil kerjanya lebih lanjut,
akan tetapi bukan hanya kita saja yang memberikan masukan kepada siswa, jika kita diberikan masukan yg baik bagi kita sebagai guru, hendaknya dipertimbangkan, interaksi dan komunikasi yang baik sangat diperlukan dalam hubungan antar murid dan siswa
Umi Salamah
2010110006
Great Outstanding... 7 Prinsip itu memang wewww..!!
Saya rasa 7 prinsip itu yang perlu disosialisasi ke banyak guru di Indonesia agar mereka selalu memberikan feedback dengan cara-cara positif yang memnuhi ktujuh prinsip tersebut.
Karena yang saya lihat memberikan feedback terkesan diremehkan, padahala dampaknya begitu besar terhadap motivasi belajar siswa. Siswa pun mengerti apa yang harus dia lakukan berikutnya untuk memperbaiki hasil belajarnya sesuai tujuan pembelajaran yang diharapkan guru.
Thanks
Devi Heryanti
2010110010
saya setuju dengan devi.
dampak feedback memang sangat besar terhadap motivasi siswa, dan siswapun dapat memperbaiki hasil belajarnya hingga berhasil menuju tujuan pembelajaran.
saya setuju dengan ell
tidak hanya siswa yang dapat meningkatkan proses pembelajaran karena feedback. gurupun dapat memperbaiki proses pembelajaran, serta cara mengajar.
Ya, isi artikelnya jadi nambah pengetahuanku. jadi perlu banget deh adanya feedback yang diberikan guru ke murid bahkan murid ke guru. Dari sini kita sebagai teacher candidate dapat tahu apa aja sih yang murid inginkan dan juga apa yang kita inginkan ke murid. Karena adanya budaya komunikasi dan katerbukaan menjadikan suasana yang nyaman antar kedua belah pihak.
Ayu Yuliyanti Purwandari
2010110016
Posting Komentar