Pages

Jumat, 04 November 2011

Kelompok 4_A4_PETA



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berkarakter Bangsa

Tahukah Anda mengenai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berkarakter bangsa? Kini, gencarnya pengembangan RPP berkarakter bangsa turut menjadi perhatian bagi kalangan pendidikan. Tapi tidak sedikit pihak-pihak yang terlibat dalam pendidikan seperti guru yang masih belum paham mengenai RPP tersebut. Hal demikian disebabkan kemungkinan  kurangnya sosialisai mengenai pemahaman pendidikan karakter beserta implementasinya.
 RPP berkarakter bangsa merupakan RPP yang telah mengalami penambahan  format, dimana RPP tersebut mengarah kepada pembentukan dan pengembangan karakter siswa. Seperti didalam Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 3 yang berisi  bahwa  “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. Berdasarkan UU ini, maka pemerintah membentuk sebuah RPP berkarakter guna untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, tidak hanya dalam segi konten, tetapi juga dalam segi pedagogikal.
RPP pendidikan karakter bangsa memiliki 18 karakter yang ditentukan pemerintah, yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, cinta/peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab. 18 karakter pendidikan karakter ini diharapkan dapat diimplementasikan di dalam sekolah, terutama dalam aktivitas kelas.
Pendidikan karakter dalam sekolah sangat penting dilakukan oleh pihak sekolah, terutama guru. Mengapa demikian, karena guru menjadi sektor penting dalam menanamkan nilai pendidikan karakter di dalam kelas. Tetapi pada kenyataannya, berdasarkan pengalaman mahasiswa keguruan yang melakukan observasi sekolah melihat bahwa tidak sedikit guru yang masih menggunakan cara lama dalam proses pembelajaran. Singkatnya bahwa para guru tersebut hanya mengikuti pemerintah untuk membuat sebuah RPP berkarakter, tetapi dalam implementasinya belum terlaksana.
Penerapan RPP berkarakter ini memang belum dapat dilaksanakan dengan maksimal, apabila dilihat dari kurikulum pembelajaran yang dibuat oleh pemerintah. Banyaknya materi yang harus disampaikan sesuai kurikulum terkadang membuat seorang guru terlalu fokus mencapai materi, sehingga untuk mengimplementasikan RPP pendidikan karakter dirasakan sulit. Hal ini dikarenakan, dalam mewujudkan RPP pendidikan karakter dibutuhkan perencanaan yang matang dari seorang guru dalam bentuk RPP. Melalui RPP guru diharapkan dapat merancang sebuah kegiatan kelas yang dapat memasukkan nilai-nilai penndiidkan karakter. Salah satu contoh penerapan nilai karakter, yaitu kerja sama, dari aspek tersebut guru dapat membuat diskusi grup. Diskusi ini melatih para siswa untuk saling bekerja sama, bertanggung jawab secara individual maupun kelompok, kerja keras, komunikasi, dll. Semua tergantung tujuan masing-masing kegiatan yang lebih spesifik.
Selain itu, tidak hanya melalui aktivitas kelasnya. Akan tetapi, guru juga mempunyai peranan penting memberikan contoh yang baik, sehingga hal ini juga termasuk dalam implementasi  RPP pendidikan  karakter. Contohnya adalah ketika seorang siswa melanggar peraturan kelas bersama yaitu Hp salah satu siswa bordering ketika pelajaran berlangsung, guru tersebut tetap membimbing muridnya untuk melaksanakan sebuah pertanggungjawaban apa yang dilanggar. Hal ini dapat dilihat, bahwa seorang guru harus menanamkan nilai-nilai untuk berani tanggung jawab serta berkomitmen terhadap apa yang telah dibuat. Begitu pula ketika guru terlambat masuk kelas, seorang guru harus berani meminta maaf kepada siswanya atas keterlambatannya. Dengan demikian mengajarkan siswa, bahwa ketika kita salah haruslah minta maaf dan hal itu juga berrati kita menghargai orang lain yang tepat waktu.
Dengan memahami tujuan dan implementasi yang sebenarnya dari RPP pendidikan karakter Bangsa, diharapkan proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Tidak hanya dituangkan dalam sebuah RPP penenaman nilai pendidikan karakter, melainkan nilai-nilai ini disampaikan tersirat oleh seorang guru, dimana guru adalah seorang pendidik yang akan menjadikan seorang anak menjadi pemimpin masa depan yang mempunyai moral-moral yang mulia dan dapat dibanggakan.


Penyusun :
1. Ayu Y.
2. Deshinta P
3. Iis R
4. Umi S





26 komentar:

Section B 2010 mengatakan...

RPP Karakter bangsa memang masih terdengar asing bahkan di kalangan mahasiswa jurusan pendidikan sendiri. Beruntung di SSE ada program School Experience dimana mahasiswa bisa belajar mengenai realita dan perkembangan yang terjadi di dunia pendidikan dewasa ini termasuk RPP berkarakter bangsa.

Menurut saya, RPP berkarakter bangsa jelas merupakan inovasi yang penting dilakukan. Pernah suatu ketika saya datang ke salah satu seminar dimana si pembicara mengatakan bahwa yang paling penting untuk di tanamkan dalam diri para penerus bangsa ialah pendidkan karakter itu sendiri. Indonesia jauh tertinggal karena karakter yang lemah.

Merefleksi pada seminar tersebut, maka RPP berkarakter bangsa ini menjadi sangat penting untuk diimplementasikan guna menanamkan karakter positif dalam diri siswa. Kita dituntut untuk kreatif menciptakan pembelajaran yang menarik dengan metode belajar yang didalamnya terdapat unsur-unsur yang turut membentuk karakter siswa seperti kerja kelompok, presentasi dan sebagainya.

Sebagai calon guru kita harus turut mensosialisasikan RPP berkarakter bangsa ini dimulai dengan membiasakan diri dengan membuat RPP dengan format RPP berkarakter bangsa.

Devi Heryanti
2010110010

Section B 2010 mengatakan...

aku mau nanya ada berapa macam RPP itu? jujur aku baru tahu kalau ada RPP berkarakter bangsa. yang aku tahu RPP biasa yang seperti Ibu Deasy berikan kepada kita.

Regard
Septy cartika Sari

Section B 2010 mengatakan...

menurut saya RPP itu sangat penting untuk seorang guru karena guru bisa menyiapkan apa yang akan dia lakukan di dalam kelas sehingga bisa menciptkan effective teaching. dan kita sebagai calon guru harus punya RPP yang kreatif untuk di implementasi kan di dalam kelas. supaya tujuan pembelajaran dapat tercapai dan dapat menciptakan pembeljaran yang fun dan meaningful.

Regard
Septy Cartika Sari

Fransiska Indah mengatakan...

Thx buat kelompok 4 tentang artikel ini, jadi lebih jelas RPP berkarakter bangsa itu apa. Saya kira awalnya hanya sekedar perubahan nama tanpaarti yang berarti. Dan saya kira juga RPP berkarakter bangsa ini sebagai salah satu nama lain dari RPP tahunan :p

Fransiska Indah mengatakan...

oiia, satu lagi ..

Saya setuju dengan pendapat Devi. Kita memang seharusnya bersyukur sekali sudah menjadi mahasiswa SSE yang sudah dengan sangat apik'nya merancang program school experience tiap semesternya, sehingga kita tahu bagaimana situasi, karakter-karakter siswa, dan tahu bagaimana hal-hal ter'up-date dari dunia pendidikan, salah satunya RPP berkarakter bangsa ini.

Saya juga setuju dengan artikel ini, bahwa kita sebagai guru, selain memang harus fokus dalam pembentukan karakter siswa yang berbasis karakter bangsa (yang dirancang dalam RPP berkarakter bangsa),kita sebagai guru juga tetap memberi contoh kepada siswa lewat tindakan, perilaku, dan sikap kita, contohnya :D

Section B 2010 mengatakan...

wah artikel yang sangat bagus,.saya baru mendengar adanya RPP berkarakter bangsa. dari namanya saya dapat menyimpulkan jika RPP ini di gunakan di seluruh sekolah indonesia, tampa terkecuali. iya ngak? atau gimana? sebenarnya menurut saya bagus sih, tapi pertanyaan saya adalah apakah RPP ini mampu di implementasikan oleh seluruh guru yang ada di indonesia, melihat ternyata masih ada juga guru yang dalam mengajar masih belum menggunakan RPP?.Tapi secara pribadi, saya sangat setuju dengan adanya RPP berkarakter bangsa ini melihat cakupan yang tertera di dalamnya, salah satunya adalah tentang kejujuran. dan menurut saya ini adalah hal yang sangat penting untuk di tanamkan kepada kaum generasi muda atau pelajar bangsa ini, melihat kejujuran kian jauh dari masyarakat kita saat ini.buat apa memiliki generasi yang cerdas tapi tidak jujur.dan ini lagi - lagi tugas kita sebagai seorang guru,apakah kita mampu menerapkan 18 karakter yang berada di RPP Berkarakter bangsa tersebut..maaf ya teman - teman jika comentnya aku tidak sesuai dengan apa yang kalian inginkan.^_^

by
ratu bulkis

Section B 2010 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Section B 2010 mengatakan...

Septy: Setauku RPP itu tidak bermacam-macam jadi hanya ada satu tetapi kalau bentuknya disesuaikan dari kebutuhan sekolah itu sendiri. misalnya ada sekolah yang punya format maupun indikator yang berbeda atau telah disediakan sehingga memudahkan guru mempersiapkan aktivitas(tolong diperbaiki ya kalau ada yang kurang sesuai).
Seperti yang kita tau sebelumnya-Saat belajar di semester 1-kalau RPP itu berisi hanya paparan kegiatan dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai oleh seorang guru dari sisi akademik.
Namun dalam perkembangannya pemerintah melakukan inovasi baru yang tidak hanya menekankan kepada akademik saja namun juga mengembangkan karakter secara jelas lewat kegiatan pendidikan seperti yang dipaparkan diatas yaitu dengan adanya diskusi timbul rasa saling toleransi, kerja keras maupun kemampuan komunikasi antar anggota kelompok.

sebagian dari kita mungkin berfikir kalau tak perlu ditulis di RPP tentang karakter ini toh kita kan perlu praktek langsung. Mungkin begini, sisi positifnya dengan adanya RPP ini sebagai pedoman/acuan untuk mengingatkan kita sebagai " The agent of Change".

Ya,,,semangat kawand...
we can ^^

Ayu Yuliyanti Purwandari
2010110016
math dept

Section B 2010 mengatakan...

sangat menginspirasi....,,,, dan terdengar masih "anyar" ditelinga mahasiswa jurusan pendidikan..

namun disadari atau tidak, sedikit banyak kampus kita juga sudah menerapkan apa itu yang namanya pendidikan berkarakter, seperti ketika adanya "class agreement", non-bulliying punishment", dsb. itulaha salah satu implementasi daripada apa itu pendidikan karakter,

namun kita kita sebagai mahasiswa calon guru bergenerasi baru, kita harus lebih banyak mengeksplore apa itu pendidikan karakter, bagaimana penerapannya, apa saja kendalanya untuk menciptakan metode pembelajaran yang baru dan sesuai dengan cita - cita bangsa.


A FIKRI AL FATTAH
2010110034 - Never stop to learn & always inspiring others

Section B 2010 mengatakan...

Ya.. ini sama terjadi ketika saya SEP di SMA 12 Jakarta, disana kami diberitahukan oleh guru pamong kami yang memberikan sebuah RPP yang bernama RPP Berkarakter Bangsa. Awalnya saya binggung, apa itu RPP berkarakter bangsa? Lalu guru pamong kami menjelaskan secara singkat.

Tapi, satu hal yang perlu diperhatikan adalah ketika proses belajar mengajar berlangsung, antara tujuan pembelajaran dan pembentukan karakter siswa harus diselaraskan. Hal ini karena kedua aspek tersebut sangat dibutuhkan dalama pencapaian SK (Standar Kompetensi) dan KD (Kompetensi Dasar).

Jefri Saputra
2010110032

quarta lia mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
quarta lia mengatakan...

hemt,,,,I do agree with all opinions in this post. Actually, it has already familiar with me because in SMA 12 Jakarta where I did school experience programs, all teachers have already used this RPP model. As known that this RPP model was used as apart of the government's program to create a character based education. Although this RPP model is too complicated and the indicators presented should be detailed, but this RPP model is really important for teachers to guide their students not only being a smart students but also have a strong personality and character.And through the character based education,students will be able to put the core values such a honesty, clean, neat,caring each others hard work and responsible not only in class but also in everywhere.
So that, in this case, teachers are required to be able to insert a character based education in all subjects. It's not just a responsibility of teachers of religion course but also all teachers need to teach their students about the character based education. :)

Himmatul 'Aliyah
2010110030

DwiSintiaMathematics2010 mengatakan...

Wah.... artikel di atas bagus!!!, sangat cocok dijadikan sebagai bahan diskusi di dunia pendidikan. Khususnya sebagai bahan refleksi baik yang sudah menjadi guru atau dapat menjadi sebuah gambaran untuk para calon-calon guru.
Seperti adanya yang telah dijelaskan di artikel bahwa implementasi dari nilai-nilai pendidikan yang berkarakter bangsa masih sulit untuk diwujudkan, dikarenakan di salah satu sisi, yangmana guru juga harus mengejar target pengajaran materinya, lalu yang ingin saya tanyakan yaitu bagaimana sebaiknya yang harus guru lakukan agar terwujudnya nilai-nilai moral pendidikan yangmana hal tersebut juga merupakan tujuan dari bangsa untuk mencetak generasi-generasi yang bermoral.

Dwi Sintia
2010110020
Mathematics Department

Section B 2010 mengatakan...

RPP berkarakter berbangsa?
setau ane shi itu rpp yang indikatornya ada tiga aspek yaitu kognitip, afektif, ketrampilaan sosial. maksudnya disini kita menilai siswa bukan hanya dari segi kognitif/ hasil ulangannya saja tetapi juga dari segi keefektifan siswa dalam belajar, dll.

ell 2010

DwiSintiaMathematics2010 mengatakan...

Salam Semangat untuk seluruh pendidik-pendidik generasi masa depan. Implementasi untuk mewujudkan generasi yang cerdas dan bermoral santun memang sulit untuk diwujudkan, tetapi bukan berarti tidak bisa untuk diwujudkan, sebagai aktor/aktris dalam dunia pendidikan, yangmana para pendidik sebagai teladan bagi generasi masa depan, yangmana saya sendiri juga sebagai calon pendidik, ingin merefleksikan diri bahwa kita bisa. Yang jelas harus ada semangat kemauan dari dalam diri para pendidik itu sendiri dalam mewujudkan generasi yang cerdas dan bermoral.

Dwi Sintia
2010110020
Mathematics Department

Section B 2010 mengatakan...

wow..bagus banget artikelnya...
tapi jujur, aku masih asing dengan rrp berkarakter bangsa dan belum paham banget bagaimana dan apa maksudnya.hehehe maaf.. tapi setidaknya ada sedikit pencerahan si waktu baca artikel ini wlwpun masih butuh nanya dan diskusi lagi supaya bisa mendalam..hehehe

tapi salut buat SSE ...sangat mempersiapkan kita untuk menjadi the next generation of teacher ... wow...

kerenn dehh ..kita observasi langsung dari semester awal, kita cari masalah dalam pembelajaran, kita nyusun lesson plan, kita ngajar ... makin mantap ajj nih jadi guru yang great teacher...

semoga kita bisa mengimplementasikan lesson plan yang efektif dan meaningfull ya .. semua nya tergantung kita loh sebagai guru .jadi ciptakan lah siswa mu dengan cara mengajar mu .,.

sintha kusuma wardhani
2010110014

Section B 2010 mengatakan...

WOW WOW, NICE COMMENT GUYS !!!

you are great !

sebenarnya artikel ini kita buat sebagai bahan refleksi, pembelajaran, n diskusi kita.

mengetahui secara pasti tentang RPP penidikan karakter bangsa bukanlah tujuan dari artikel ini. artikel ini mencoba mengajak kita untuk lebih memahami maksud tujuan yang sebenrnya. berdasarkan pemikiran kami berempat bahwasanya menanamkan nilai pendidikan karakter atau moral bukanlah sebuah tulisan kata2 di RPP saja, melainkan nilai tersebut ditanamkan secra tersirat, contohnya beberapa yang telah disebutkan diatas.

sebenranya, walaupun tidak ada RPP berkarakter bansga pun, sebagai guru sudah selayaknya berkewajiban untuk memasukkan nilai-nilai atau disebut dengan pedagogikal, tidak hanya dalam segi konten saja.

tp mungkin karena masih bnyak guru yg tdak melakukannya, maka dibuatlah RPP berkarakter bangsa sebagai acuan n pengingat bagi guru.

yg terpenting adalah implementasi dari RPP tersebut melalui aktivitas kelas n contoh tauladan dari guru itu sendiri,,

:)

Section B 2010 mengatakan...

Umi Salamah
2010110006
Math Department

Section B 2010 mengatakan...

nice article, ^^
informasi yang disampaikan sangat penting, mengenai format RPP itu sendiri, adakah yg berkenan berbagi?

SusiDariah

Section B 2010 mengatakan...

Terima kasih untuk semua comentnya,,,
saya juga sebenarnya tidak familiar dengan rpp berkarakter bangsa, berawal dari ketidak tahuan itulah kami ingin menshare informasi yang kami dapatkan. Semoga artikel ini berguna untuk kita terutama jika kita melakukan school experience dan ternyata sekolahnya telah menggunakan rpp ini (minimalkan kita sudah tahu apa itu rrp berkarakter bangsa).
@susi dariah : mungkin ka ayu bisa berbgi informasi mengenai format rppnya, :)

Section B 2010 mengatakan...

Iis Rosita
2010110040

Ita Suci Pertiwi mengatakan...

RPP berkarakter bangsa seperti RPP yang saya buat waktu school experience. RPP ini dapat membentuk karakter siswa yang diinginkan dalam pembelajaran tersebut.

Ita Suci Pertiwi mengatakan...

buat el, RPP berkarakter bangsa itu
ya meliputi 3 aspek yang kamu bilang. itu menurut saya dari apa yang dikatakan guru pamong saya.

Section B 2010 mengatakan...

mungkin masih awan bagi beberapa calon guru, begitu juga bagi para guru yang masih konvensional. namun tidak sedikit pula yg tahu, namun mungkin mereka tidak menetapkan pembuatan RPP.

Section B 2010 mengatakan...

mungkin masih awan bagi beberapa calon guru, begitu juga bagi para guru yang masih konvensional. namun tidak sedikit pula yg tahu, namun mungkin mereka tidak menetapkan pembuatan RPP.
namun ini adalah pembahasan yang sangat baik.

diyanta wiga pratama
2010110044

Section B 2010 mengatakan...

wah... ketinggalan nih mau komment..... BAgus artiklenya.... isu yang di share kemaren....
tapi bagaimana,,, sekarang bangsa kita sedang dilanda demam SBI (Sekolah Berstandar Internasional) yang maunya memakai kurikulum luar negeri, penilaiannya kayak luarnegeri dan apa-apanya kayak luar negeri (itu sih katanya)... gimana tuh... kalau yang di anut luar negeri, Nanti RPPnya jadi, RPP Berkarakter Bangsa "asing"???

Posting Komentar