Pages

Sabtu, 14 Januari 2012

Peran Games dalam Pembelajaran


­­

                Penggunaan games dalam pembelajaran memang sudah tidak asing lagi. Sebagai guru, terkadang kita menggunakan games dalam kegiatan belajar mengajar dengan beberapa tujuan. Penggunaannya pun dapat dilihat dengan beberapa cara pandang, seperti games sebagai assessment, games sebagai pengantar suatu materi yang akan dibahas, hingga games sebagai review dalam suatu materi. Ketika penggunaannya sebagai pengantar suatu materi, diharapkan games tersebut dapat memotivasi siswa untuk menemukan titik aman dan memiliki rasa ingin tahu sehingga mampu memperdalam materi yang akan dibahas. Sedangkan ketika games digunakan sebagai assessment, games tersebut dapat diharapkan mampu mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang sudah dibahas. Dalam penggunaannya sebagai games dalam suatu materi juga sama halnya dengan penempatannya sebagai assessment dengan catatan pada penggunaannya ini tidak dipungkiri membutuhkan penggunaan prior knowledge bagi siswa.
                Namun ketika kita menggunakan games dalam pembelajaran, tentunya kita tidak hanya memperhatikan tujuan yang akan kita capai melalui games tersebut, tetapi kita juga harus memperhatikan waktu yang berjalan dalam kegiatan belajar mengajar. Karena bagaimanapun penjelasan tentang materi dapat dikatakan penting guna membentuk dan meningkatkan pemahaman siswa, walaupun tidak dapat dipungkiri bahwa games-games tertentu dapat menjadi sebuah alternatif pembelajaran (penjelasan) bagi siswa.
Games sebagai sebuah alternatif inilah yang diharapkan selain mampu membentuk dan meningkatkan pemahaman siswa, juga dapat mencapai keefektivitasan dalam kegiatan belajar mengajar. Pencapaian efektivitas belajar tersebut dapat dilihat melalui atmosfer kelas yang terbentuk ketika games tersebut berjalan. Selain games yang diharapkan dapat mencapai keektivitasan kegiatan belajar mengajar, peran guru dan siswa juga sangatlah penting dalam hal tersebut.

*Wiyarsih .. Khoirul Umam .. Redyta Amalia .. Fransiska Indah
               
               

13 komentar:

Section B 2010 mengatakan...

teman2 ..bgus bgt deh artikelnya ..
emmm saya jd mau tanya,terkait dengan artikel diatas berbicara tntang waktu, bagaiman jika penggunaan games dalam pengantar mata pelajarn digunakan sedangkan yang kita tahu dalam mengantar materi awal, guru harus lebih cendrung menanamkan konsep pemahaman siswa atas materi yang sedang dibahas, bagaimana games memenuhi hal tersebut? dimana games memantapkan konsep yang pelajaran dan games menggunakan waktu yang sesuai ...
thax


sintha kusuma wardhani
2010110014

Anonim mengatakan...

artikel yang hebat kawan-kawan...
tapi jangan lupa kita nantinya juga harus mencari games yang bukan cuma sebagai alat untuk menyampaikan materi agar siswa paham dan belajar dengan senang, tetapi kita juga harus mencari games yang juga mempunyai manfaat selain menyapaikan tujuan, seperti mengasah skill anak-anak,mempertajam tingkat kepekaan, mempertajam kehidupan sosial,,,,,,
jadi "satu kali mendayung 2 atau 3 pulau terlampaui"...heheh
aku kemaren lihat games bagus2 di perpus...
bisa di cek,...seru-seru gamesnya
^_^

harisyah tyas
2010110042

Iis mengatakan...

Artikel yang bagus teman-teman. Saya punya saran untuk kita yang ingin menggunakan games sebagai assessment, yaitu
1. Bikin role yang jelas sehingga siswa mengerti dan dapat mengikuti games tersebut.
2. Disiplin waktu. Biasanya ketika kita menggunakan games dalam pembelajaran, akan membuat siswa tertarik sehingga membuat mereka terfokus pada permainan dan lupa waktu. Akibatnya, beberapa materi atau rencana pembelajaran yang telah kita siapkan terabaikan.
3. Mempunyai tujuan yang jelas. Jangan sampai nantinya siswa hanya mendapatkan fun learning saja tapi kontennnya tidak dapat.
sekian saran dari saya,,,, Semoga berguna untuk temn-teman ..... :)

Section B 2010 mengatakan...

menurut saya sarannya iis cukup bagus untuk dijadikan pertimbangan dalam menjadi games sebagai salah satu unsur yang digunakan dalam penilaian..6-^


ratu bulkis

Section B 2010 mengatakan...

dear shinta, terima kasih atas pertanyaannya. tentunya tidak semua materi pelajaran dapat dibuatkan games dalam penyampaian materi. misalkan bangun datar bisa saja kita jadikan games pengantar dengan bermain mengenal bentuk tentunya dimulai dari bentuk-bentuk yang sudah pernah mereka lihat.


wia

Ita Suci Pertiwi mengatakan...

saya setuju dengan tyas
games tidak hanya menjadi alat menyampaikan mater. tetapi dapat mengasah skill siswa, dll.
oleh karena itu kita sebagai calon guru dapat memperhatikan dan memberikan pembelajaran yang menggunakan games, tetapi tujuan pembelajaranpun tersampaikan, dan skill siswapun terasah.

Ita Suci Pertiwi mengatakan...

menangapi pernyataan iis, saya setuju gamespun dapat digunakan sebagai assessment.
:D

Anonim mengatakan...

Artikelnya menarik.... sungguh luar biasa....
Pada penjelasan artikel di atas, bahwa disinggung mengenai keefektifan dari penggunaan waktu yang diperlukan untuk melakukan sebuah games pada sebuah pembelajaran, jadi saya bertanya-tanya, sebenarnya menggunakan games itu efektif atau tidak yah, jika dilakukan sebagai metode pembelajaran? dan apakah games tersebut akan membuat siswa menjadi ketagihan atau tidak yah, dengan metode pembelajaran yang menggunakan games tersebut?



Dwi Sintia
2010110020
Mathematics Department
Section B

quarta lia mengatakan...

Saya sangat setuju dengan artikel diatas. Good job buat group ini.
Menanggapi pertanyaan dwi sintia, saya berpendapat bahwa untuk menentukan efektif atau tidaknya pemberian games tersebut adalah tergantung dari kapan pemberian games tersebut, apa tujuan serta adakah keterkaitan dengan materi yang sedang dibahas dalam kelas. Kalau games tersebut diberikan pada waktu yang tepat, disertai tujuan yang jelas(maksudnya untuk review pembelajaran atau sebagai sarana siswa untuk memperdalam materi pembelajaran yang sedang dibahas) dan konten dalam games tersebut berkaitan dengan materi yang dibahas dalam kelas, saya rasa itu efektif untuk diterapkan dalam kelas. Namun sebagai guru, kita juga harus mengontrol penggunaan games tersebut untuk mengatasi perilaku siswa yang ketagihan pada games tersebut dan tidak mau mengikuti instruksi pembelajaran yang lain. Selain menetapkan rule dalam permainan games, guru perlu menentukan berapa lama games tersebut akan diberikan dalam proses pembelajaran, jangan sampai pemberian games menyita waktu yang telah ditetapkan. Disini guru harus menekankan bahwa, games tersebut hanya alternatif dan menjadi selingan untuk menunjang proses pembelajaran. Sebagai guru kita tidak hanya dituntut untuk paham materi saja, tetapi juga harus tahu bagaimana cara meningkatkan motivasi mereka untuk belajar. Dan melalui games inilah diharapkan motivasi belajar mereka akan meningkat. Karena selain mereka dapat mengaplikasikan dan memperdalam konsep yang mereka dapatkan di kelas, rasa bosan dan penat selama proses pembelajaran pun dapat diatasi melalui kegiatan ini.

Semoga penjelasan saya bermanfaat:)

Himmatul 'Aliyah
2010110030

Deargaswari mengatakan...

setuju sekali bahwa games merupakan salah satu alternatif untuk mengefisienkan pembelajaran disamping itu games sangat famuliar dengan anak muda zaman sekarang sehingga rasanya games merupakan salah satu pendekatan yang cukup ampuh. akan tetapi satu hal yang perlu sangat diperhatikan bahwa games membutuhkan waktu yang relatif panjang, sehingga menjadi tugas kita sebagai calon guru untuk selalu selektif dalam memilih dan aktif dalam koordinir berjalannya games :)

Good post !!

Section B 2010 mengatakan...

maaf telat posttt,,

saya setuju bahwa games adalah salah satu media pembelajaran yang cukup interaktif untuk meningkatkan motivasi pemahaman atau keingintahuan siswa.

dalam memilih games hendaknya memiliki makna yang baik. baik games yang mendukung materi pembelajaran maupun games yang membentuk karakter siswa.

Jefri Saputra mengatakan...

Games... Sangat bagus sekali jika ingin mencari pembelajaran yang interaktif. Tapi, berbicara mengenai games berarti hal itu akan timbul pertanyaan apakah itu efektif atau tidak.. dikhawatirkan akan timbul persepsi bahwa siswa akan terpancing motivasinya melalui games.

Unknown mengatakan...

Haii apa kabar gamers sejati?...
main game itu menyenangkan banget karena game itu lebih setia daripada pacar wkwk,ehh malah curhat.dunia game itu keras kamu ga akan kuat biar aku saja,dilan versi gamers guys hahaa...
Buat kalian pejuang game yang suka mengisi waktu luang dengan main game,sekarang ada game baru lohh game nya seru banget guys nama game nya Mojopahit Legends gak kalah menarik sama game online lainnya.coba aja download aplikasinya sekarang juga di handphone kalian.game nya bikin ketagihan seruuuuu banget dehh,bisa menghilangkan stress dan penat…!ayoo download sekarang juga jangan sampe ngga!
saya juga main game mojopahit legends,masa kamu ngga?...

Posting Komentar